FORMAT OBSERVASI KELAS
Nama Guru :
Materi Pelajaran :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Waktu :
A.
AKTIVITAS GURU
No
|
OBYEK PENGAMATAN
|
Score
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
PERSIAPAN TERTULIS
|
|
|
|
|
|
|
a.
RPP
|
|
|
|
|
|
|
b.
Materi
Ajar
|
|
|
|
|
|
|
a. Menarik perhatian
|
|
|
|
|
|
b. Menimbulkan motivasi
|
|
|
|
|
|
|
c. Menunjukkan kaitan
|
|
|
|
|
|
|
d. Memberi acuan
|
|
|
|
|
|
|
e. Meninjau kembali
|
|
|
|
|
|
|
f. Mengevaluasi
|
|
|
|
|
|
|
g. Memberi dorongan psikologis
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
MEMBUKA PELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
a.
Penggunaan
bahasa pengantar
|
|
|
|
|
|
|
b.
Menarik
perhatian
|
|
|
|
|
|
|
c.
Menimbulkan
motivasi
|
|
|
|
|
|
|
d.
Menunjukkan
kaitan
|
|
|
|
|
|
|
e.
Memberi
acuan
|
|
|
|
|
|
3.
|
STRATEGI YANG DIGUNAKAN
|
|
|
|
|
|
|
a.
Ketetapan
strategi dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
b.
Kesesuaian
strategi dengan langkah-langkah pembelajaran
|
|
|
|
|
|
4.
|
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
Metode yang digunakan
|
|
|
|
|
|
5.
|
MENJELASKAN
|
|
|
|
|
|
|
a.
Orientasi
dan motivasi
|
|
|
|
|
|
b.
Bahasa
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pemberian
contoh
|
|
|
|
|
|
|
d.
Sistematika
penjelasan
|
|
|
|
|
|
|
e.
Variasi
dalam penyampaian
|
|
|
|
|
|
|
f.
Balikan
(pertanyaan penyerap)
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
VARIASI
|
|
|
|
|
|
|
a.
Suara
|
|
|
|
|
|
|
b.
Mengarahkan
perhatian siswa
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kontak
mata
|
|
|
|
|
|
|
d.
Ekspresi
roman muka
|
|
|
|
|
|
|
e.
Gerakan
tangan
|
|
|
|
|
|
|
f.
Posisi
guru
|
|
|
|
|
|
|
g.
Pola
interaksi
|
|
|
|
|
|
|
a.
Pertanyaan
jelas dan kongkrit
|
|
|
|
|
|
b.
Penanya
memberi waktu berfikir
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pemerataan
pertanyaan pada siswa
|
|
|
|
|
|
|
d.
Kualitas
pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
BERTANYA
|
|
|
|
|
|
|
a.
Pertanyaan
jelas dan konkrit
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penanya
memberi waktu berpikir
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pemerataan
pertanyaan pada siswa
|
|
|
|
|
|
|
a.
Suara
|
|
|
|
|
|
b.
Mengarahkan
perhatian siswa
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kontak
mata
|
|
|
|
|
|
|
d.
Ekspresi
roman muka
|
|
|
|
|
|
|
e.
Gerakan
tangan
|
|
|
|
|
|
|
f.
Posisi
guru
|
|
|
|
|
|
|
g.
Pola
interaksi
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
REINFORCEMENT
|
|
|
|
|
|
|
a.
Penguatan
verbal
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penguatan
non verbal
|
|
|
|
|
|
|
c.
Variasi
penguatan
|
|
|
|
|
|
9.
|
MENUTUP PELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
a.
Meninjau
kembali
|
|
|
|
|
|
|
b.
mengevaluasi
|
|
|
|
|
|
|
c.
memberikan
dorongan psikologis
|
|
|
|
|
|
B.
AKTIFITAS SISWA
NO
|
OBYEK PENGAMATAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Keterlibatan
siswa
|
|
2.
|
Tingkat
pemahaman dan penguasaan materi
|
|
3.
|
Antusias
siswa
|
|
4.
|
kejenuhan
|
|
Surabaya, 2013
Observer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar